Tugas Auction System

Tugas Auction System

Pada tugas ini saya akan membuat sebuah Auction System sederhana dengan menggunakan bahasa Java dan BlueJ. Auction System ini adalah sebuah program di mana kita bisa melakukan proses pelelangan sebuah barang dengan sistem tawar - menawar. Penawar dengan harga penawaran tertinggi akan dapat membeli barang yang dilelang tersebut.

Diagram Kelas

Berikut diagram kelas dari program Auction System ini.

Deskripsi dari kelas yang digunakan

  • Kelas Auction.java sebagai kelas utama implementasi dari auction system yang dibuat.
  • Kelas Person.java yang menyimpan informasi nama dari penawar.
  • Kelas Lot.java yang menyimpan informasi dari barang yang dilelang.
  • Kelas Bid.java sebagai kelas yang menyimpan data penawar beserta harga penawarannya.

Source code

Bid.java

Person.java

Lot.java

Auction.java

Contoh penggunaan program

1. Buat objek baru dari kelas Auction dengan cara klik kanan pada kelas Auction, kemudian pilih "new Auction()".


2. Tambahkan barang yang akan dilelang, klik kanan objek auction yang telah dibuat, kemudian pilih enterLot() dan masukkan nama barang yang dilelang.

3. Untuk melakukan penawaran, harus ada seorang penawar. Untuk membuat objek orang penawar, klik kanan pada kelas Person, kemudian pilih new Person(). Masukkan nama dari penawar tersebut.

4. Setelah ada penawar, kita dapat melakukan penawaran. Untuk melakukan penawaran, klik kanan pada objek auction yang telah dibuat kemudian pilih makeABid(). Kemudian masukkan nomor barang yang ingin ditawar, nama objek dari penawar yang sebelumnya dibuat, dan harga penawaran untuk barang tersebut.


Setelah penawaran berhasil dilakukan, maka akan muncul pesan sebagai berikut pada terminal window BlueJ:

Jika ada penawaran untuk barang yang sama tetapi dengan harga yang lebih rendah, maka harga penawaran untuk barang tersebut tidak akan berubah dan akan muncul pesan pada terminal window BlueJ:

5. Untuk menampilkan barang - barang yang dilelang beserta dengan harga penawarannya masing - masing, klik kanan pada objek auction yang dibuat kemudian pilih showLots(). Hasilnya akan muncul pada terminal window BlueJ.

6. Untuk menyelesaikan proses pelelangan, klik kanan pada objek auction kemudian pilih close(). Pada terminal window BlueJ akan ditampilkan hasil dari lelang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Traffic Light

Tugas Exception Handling

Tugas Java FX